Tanya Perkembangan Kasus Limbah Medis Puskesmas Tebo Tengah, LP2LH: Terima Kasih Polres Tebo

Oleh:   detail detail   |   Februari 22, 2019
Ketua DPD LP2LH Tebo, Hary Irawan. (Foto LP2LH) 

DETAIL.ID, Tebo - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Pemantau Penyelamat Lingkungan Hidup (LP2LH) Kabupaten Tebo, Hary Irawan memastikan jika laporan terkait ditemukannya limbah medis di lingkungan Puskesmas Tebo Tengah yang saat ini tengah diselidiki oleh tim penyidik Polres Tebo, terus berlanjut.

Bahkan, Irawan mengatakan bahwa tim penyidik Polres Tebo telah memanggil beberapa pihak terkait untuk dimintai keterangannya. “Saya sudah menyurati Polres Tebo secara resmi menanyakan perkembangan laporan limbah medis tersebut. Alhamdulillah, surat saya langsung direspon dan dibalas oleh pihak Polres,”kata Irawan dalam pressrilis yang diterima detail.id, Jumat (22/02/2019).

Dijelakan Irawan, surat resmi dari Polres Tebo yang diterima DPD LP2LH TEBO tertanggal 21 Februari 2019 Nomor : B/15/II /2019/Reskrim, perihal Mengenai Tindak lanjut perkembangan penanganan perkara Dugaan Pencemaran lingkungan hidup di Puskesmas Muara Tebo. Pada surat itu dinyatakan kalau saat ini pihak penyidik masih tetap melakukan penyelidikan terhadap perkara tersebut.

Irawan mengaku sangat mengapresiasi atas kinerja pihak Polres Tebo yang sangat profesional serta transparan dalam penanganan kasus dugaan tindak pidana pencemaran lingkungan yang telah dilakukan oleh Puskesmas Muara Tebo di wilayah hukum Polres Tebo. “Terima kasih Polres Tebo yang telah merespon surat dari LP2LH. Kami siap mensuport pihak Polres untuk menyelesaikan masalah ini. Mudah-mudahan supermasi hukum bisa ditegakan, “tegas Irawan.

Ditegaskan Irawan, ditanggapinya atau dibalasnya surat LP2LH oleh pihak Polres Tebo menunjukkan bahwa profesional kerja pihak kepolisian masih terjaga. Dan ini juga menepis tanggapan negatif masyarakat soal kinerja kepolisian khususnya Polres Tebo. "Hari inipun kita menyurati  kembali Polres Tebo yang isinya mengapresiasi dan ucapan terima kasih karena telah menanggapi dan menindak lanjuti perkara ini. Tak lupa surat balasan inipun juga kita tembuskan kepada Irwasum Mabes Polri, Kadiv Propam mabes Polri serta Menteri Kesehatan RI serta Menteri LHK RI di Jakarta sebagai bahan pertimbangan Pemerintah Pusat dalam menanggapi profesionalitas kinerja aparat penegak hukum Polres Tebo "tegas Irawan.

Ditegaskan Irawan lagi jika DPD LP2LH Tebo akan terus memantau perkembangan laporan ditemukannya limbah medis di lingkungan Puskesmas Tebo Tengah tersebut. Yang mana, kata dia, hal itu merupakan salah satu bentuk komitmen dan keseriusan LP2LH Tebo dalam menanggapi persoalan yang dapat berdampak buruk terhadap lingkungan hidup.

Sebelumnya, LP2LH Tebo telah menyurati pihak Polres Tebo  untuk menanyakan perkembangan penyelidikan terkait laporan penemuan limbah medis di lingkungan Puskesmas Muara Tebo, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Jambi, Rabu (20/02/2019). (DE 02)

Tampilkan Komentar