Datangi Kemenag dan KPK, APIP Jambi Minta Korupsi Asrama Haji Di Usut

Oleh:   Media Detail Media Detail   |   Februari 15, 2019

Jakarta, detail.id - Aliansi Pemuda Intlektual Peduli Jambi mendatangi gedung Kementrian Agama dan Komisi Pemberasan Korupsi pada Kamis pagi (14/2/2019). Kedatangan sekelompok pemuda asal Jambi ini bertujuan melakukan aksi demonstrasi untuk menuntut pengusutan dugaan korupsi pembangunan asrama Haji Provinsi Jambi yang berada di Kecamatan Jelutung Kota Jambi.

Menurut Fazin selaku koordinator APIP dugaan adanya tindak pidana korupsi pada pembangunan Asrama Haji Provinsi Jambi sudah terlihat sejak awal tahun 2018.

“Kami melihat dugaan korupsi pembangunan asrama haji Jambi ini indikasi nya sangat kuat sekali, dimulai dari proyek yang terbengkalai hingga pengerjaan yang asal-asalan. Sedangkan anggaran nya tidak tanggung-tanggung sebesar 57,6 miliar”, tutur Fazin.

Fazin mengatakan, kedatangan mereka ke kementrian agama dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mendesak kementrian agama memanggil kepala kakanwil Provinsi Jambi.

“Tujuan kami datang dengan aksi demonstrasi ini meminta kemenag memanggil Kepala Kakanwil Provinsi Jambi, begitu juga dengan KPK. Kami meminta KPK memeriksa Kepala Kakanwil dan juga perusahaan pemenang tender tersebut.” Kata Fazin.

Fazin menjelaskan dalam audiensi dengan Kasubag Kepegawaian Kemenag, mereka menyampaikan akan menindak lanjuti laporan tersebut.

“Tadi sudah audiensi di Kemenag ketemu dengan kasubag kepegawaian nya, sepertinya mereka sudah tau perkara ini, tadi sedikit berkilah dengan menyebutkan proyek tersebut adalah proyek multi year. Namun saya sampaikan lagi indikasi korupsi yang terlihat tidak bisa di sembunyikan, sehingga mereka mengatakan akan tindak lanjuti proses pengaduan ini.” Jelas Fazin.

Sementara itu, saat mendatangi Gedung KPK, APIP langsung melaporkan dugaan korupsi tersebut.

“Waktu di KPK kami orasi sedikit lalu laporkan langsung. Proyek ini indikasi korupsi nya besar jadi kami yakin KPK akan cepat bekerja.” lanjut Fazin.

Terkahir fazin menjelaskan bahwa tujuan APIP menggelar aksi tersebut adalah bentuk dukungan untuk membersihkan provinsi Jambi dari korupsi.

“Kami selalu sampaikan aspirasi terkait korupsi yang ada di Provinsi Jambi supaya pejabat daerah ataupun pejabat pusat yang bekerja di wilayah Jambi tidak semena-mena jika ada proyek. Artinya kami akan awasi dan laporkan apapun itu jika terjadi penyelewengan, jangan kira kami masyarakat Jambi bisa dengan mudah di kelabui. Semua semata-mata tujuannya mendorong pembangunan Jambi.” tutup Fazin. (DE 2)

Tampilkan Komentar