Ada Rental Perusahaan antar Sesama Caleg Dalam Tender Lapas Perempuan Jambi

Oleh:   Media Detail Media Detail   |   Agustus 31, 2018
DETAIL.ID – Bisnis rental perusahaan ternyata bisa terjadi dalam proses tender. Menariknya, itu terjadi antar sesama caleg dari Partai Demokraksi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Jambi. Pertanyaan, apakah bisnis rental ini buat modal maju menjadi caleg? Wallahualam.

Tengoklah proses tender dalam Lembaga Pemasyarakatan Perempuan yang tengah ditenderkan oleh Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2018 pada pekerjaan Pembangunan Lapas Perempuan (Tembok Keliling, Gedung Kantor, Dapur, Sumur Bor, Instalasi, dan Menara) dengan pagu anggaran Rp 4,5 miliar.


Proyek itu akhirnya dimenangkan PT Dasor Pagar Pasogit dengan penawaran Rp 4,3 miliar. PT Dasor dimiliki oleh caleg nomor urut 6 dari daerah pemilihan Kotabaru yang berinisial PP. Diduga PT Dasor disewa oleh FD, caleg dapil Kota Jambi untuk Provinsi Jambi. PP dan FD sama-sama caleg dari PDIP.

Mereka berdua telah bekerja sama dalam memenangkan tender Pengadaan Bahan Makanan Tahanan dan Narapidana pada Lapas Kelas IIA Jambi senilai Rp 7,4 miliar pada akhir tahun 2017.
  
Ketua PDIP Provinsi Jambi, Edi Purwanto belum berhasil dikonfirmasi oleh detail pada Jumat, 31 Agustus 2018. Panggilan telepon belum dijawab. Pesan pendek yang dikirimkan juga belum dijawab.


Aktivis Development Global of Reform (DOGER), Jonie Gaol menyayangkan praktek ini. Menurutnya, sangat ironis ketika hal itu menjadi "bancakan", dimana kegiatan tersebut bermasalah mengingat proses perencanaannya berlangsung hingga tiga kali, serta proyek lelang fisiknya juga terkesan dipaksakan dengan waktu yang sangat sempit.

Jonie menambahkan kasus ini bisa menjadi preseden buruk bagi lembaga seperti Kemenkumham. "Oleh karena itu, saya mengimbau lembaga yang berkompeten agar melakukan penyelidikan terhadap proses tendernya yang diduga sarat persekongkolan," ujar Jonie kepada detail pada Jumat, 31 Agustus 2018. (DE 01)

Tampilkan Komentar