Meski Bermasalah dan Tak Capai Kualifikasi KD, PT Hanro Malah Menang Tender di Tebo

Oleh:   Media Detail Media Detail   |   Juni 08, 2018

DETAIL.ID – PT Hanro ternyata tidak hanya menang tender di proyek APBN 2018, melainkan juga menang tender pada paket pekerjaan lain. Nilai paketnya cukup fantastis mencapai Rp  17,89 miliar. 

Bedanya tender kali ini, PT Hanro mendapatkan pekerjaan Peningkatan, Pengaspalan,  dan Perkerasan Beton Jalan Nasional Pintas Tanah Garo dengan pagu anggaran Rp 18,55 miliar. Menariknya, sumber dananya gabungan APBN dan APBD Tebo. 


Dalam laman LPSE Tebo, disebutkan bahwa proses teken kontrak dijadwalkan pada 2 April hingga 10 April 2018.

Sayangnya, Kepala Unit Layanan Penyedia (ULP) Tebo, Heri Joni Putra maupun Ketua Kelompok Kerja (Pokja) belum dapat dikonfirmasi hingga berita ini ditulis.

Selain masih bermasalah, PT Hanro ternyata tidak memenuhi kualifikasi Kemampuan Dasar (KD). Pasalnya, kualifikasi KD-nya hanya 5,954 dikalikan 3 berarti berjumlah 17,862. Artinya PT Hanro hanya diperbolehkan menawar proyek dengan pagu senilai Rp 17,862 miliar. Sementara pagu tender kali ini mencapai Rp 18,55 miliar.

Kualifikasi PT Hanro. Sumber: lpjk.net

"Artinya dugaan persekongkolan untuk memenangkan tender jelas sangat kuat atau dengan kata lain persekongkolan ini direstui para pihak pelaksana tender," kata Tatang, Ketua Lembaga Pecinta Alam Jambi (LPAJ) kepada detail, Jumat (8/5/2018). 

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) IV Jambi, Junaidi tak merespon pertanyaan yang diajukan detail, soal ini. Pertanyaan melalui pesan singkat whatsapps hanya dibacanya saja. 

Kepemilikan PT Hanro Masih Sama

Jika sebelumnya, juru bicara PT Hanro, Ependy Harianja mengungkapkan bahwa kepemilikan maupun kepengurusan PT Hanro telah berganti ternyata setelah dicek, fakta itu tidaklah benar.

Dalam laman lpjk.net jelas dipampangkan bahwa kepengurusan PT Hanro masih tetap sama. Direktur adalah John Hotma Parulian Butar-Butar, Komisaris yaitu Hanna Harianja SH (istri Ribert Butar-Butar) dan Andri Banatra ST.

Komposisi kepengurusan dan kepmilikan PT Hanro. Sumber: lpjk.net
Dalam salinan putusan KPPU pada 21 November 2017 disebutkan bahwa PT Hanro adalah badan usaha yang berbentuk badan hukum yang didirikan berdasarkan Akta Notaris Nomor 43 tanggal 15 Agustus 2003 yang dibuat oleh Notaris M. Zen, S.H. dengan Akta perubahan terakhir Nomor 77 tanggal 27 Februari 2009 yang dibuat oleh Notaris Indra Meidi, S.H. (DE 01/DE 02)

Tampilkan Komentar