Jelang Pelantikan Kepala Sekolah, Diduga Ada Setoran ke Bupati Muarojambi

Oleh:   Media Detail Media Detail   |   Mei 31, 2018
DETAIL.ID, Muarojambi – Aliansi Pemuda Anti Korupsi (APARSI) ternyata mendapatkan rekaman pembicaraan mengenai pungli yang dilakukan Kepala Dinas Muaro Jambi, Ulil Amri kepada seluruh kepala sekolah SD hingga SMP se-Muarojambi menjelang dilantik oleh Bupati Muarojambi. Setoran pungli itu kemudian dikumpulkan melalui salah seorang Kabid, bawahan langsung Ulil Amri. 

Selain itu, berdasarkan rekaman pembicaraan itu, APARSI juga menemukan dugaan lain. Setelah setoran pungli tersebut dikumpulkan oleh Kabid tersebut, lantas disetorkan kepada salah seorang oknum ASN Muaro Jambi yang diduga kuat buat disetorkan ke salah satu kerabat Bupati Muaro Jambi.

Atas temuan tersebut,  pada Senin (04/5/2018) mendatang, Aliansi Pemuda Anti Korupsi (APARSI) akan menggelar aksi damai di depan Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Gedung Merah Putih di Kuningan, Jakarta Pusat. 

"Kita akan minta Kejagung untuk mengusut tuntas kasus ini. Dengan adanya bukti rekaman tersebut diduga kuat telah terjadi gratifikasi," kata Koordinator APARSI, Tholip kepada detail, Kamis (31/5/2018). 

Salah satu praktisi hukum, Fikri Riza SH MH menyesalkan adanya temuan rekaman pembicaraan mengenai pungli tersebut. Menurutnya, tindakan tersebut jelas-jelas melanggar hukum, apalagi jika benar bahwa perbuatan tersebut dilakukan oleh seorang kepala dinas.

"Artinya sebagai kepala dinas, yang bersangkutan telah menyalahgunakan wewenang yang melekat pada dirinya. Saya berharap aparat penegak hukum dapat mengusut tuntas tindakan tersebut. Apa masih kurang proses tangkap tangan yang telah dilakukan oleh KPK?" katanya kepada detail, Kamis (31/5/2018). (DE 01/DE 06)

Tampilkan Komentar