Dorong Anak Muda Jawa Barat Jauhi Berita Palsu dan Narkoba

Oleh:   Media Detail Media Detail   |   April 04, 2018
Usai pertemuan, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko dan Deputi IV KSP, Eko Sulistyo berfoto bersama perwakilan Forum OSIS Jawa Barat. FOTO/KSP
DETAIL.ID, Jakarta – Mengubah ujaran kebencian menjadi sebuah ujaran baik merupakan gerakan yang sangat mulia dan dapat menjadi instrumen apik dalam menjaga kesatuan negara, khususnya oleh para generasi muda. 

Pernyataan itu disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menerima Forum Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Jawa Barat di Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Selasa, 3 April 2018.

Dalam pertemuan ini hadir juga Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Eko Sulistyo.  

Eko menegaskan, pemerintah menyadari betul bahwa dunia maya memiliki dua mata pisau yang berbeda, yaitu sisi yang bermanfaat dan juga sisi yang merugikan “Dilihat dari kondisi masyarakat Indonesia saat ini, fakta tidak lagi menjadi dasar dalam membentuk opini publik khususnya dalam bidang politik,” papar Eko.

Hanief Wadi selaku pendiri Forum OSIS Jawa Barat menyatakan bahwa maraknya berita palsu atau hoaks dan ujaran kebencian menjadi alasan tercetusnya ide dalam membuat gerakan ‘Ujaran Baik dan Media Siswa’.

Gerakan Ujaran Baik berupa diskusi mingguan dengan pembekalan mengenai lima aspek penting, yaitu politik, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan. “Melalui diskusi ini diharapkan adanya pemahaman yang lebih baik mengenai kebenaran dibalik ujaran kebencian dan isu hoax di antara masyarakat,” kata Hanief.

Hasil diskusi mingguan ini akan disebarluaskan dalam bentuk tulisan ringan melalui media sosial dan cetak untuk menggapai seluruh daerah dengan baik. “Harapannya, ‘Media Siswa’ ini  dapat menjadi wadah sumber informasi untuk siswa-siswa di Jawa Barat,” kata Ketua Umum Forum OSIS Jawa Barat Agung Alfarabi.  

Kepala Staf Kepresidenan mengapresiasi gerakan positif ini. “OSIS dapat menjadi wadah untuk generasi muda belajar mengenai kepemimpinan dan organisasi. Kegiatan seperti ini perlu pengarahan yang baik pula sehingga dapat menghasilkan produk yang berguna untuk bangsa,” jelas Moeldoko.

Dalam kesempatan ini, Kepala Staf Kepresidenan juga menyampakan pesan dalam tayangan video agar anak muda menjauhi narkotika dan obat-obatan terlarang. “Jangan coba-coba mendekati Narkoba, atau hidupmu akan jadi suram,” kata Moeldoko. (rilis)

Tampilkan Komentar