Paman Sam, Dongeng Keliling Nusantara Berjalan Kaki

Oleh:   Media Detail Media Detail   |   Maret 19, 2018
Paman Sam (kanan) bersama Kak Kusumo, pendongeng kawakan. FOTO/koleksi pribadi
DETAIL.ID, Jakarta – Samsudin (47), asal Indramayu Jawa Barat yang biasa dipanggil Paman Sam atau Uncle Sam, memulai lagi perjalanannya dalam rangka dongeng keliling nusantara dengan berjalan kaki, dimulai dari pelataran Kantor Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, pada Kamis (15/3/2018) lalu.

Paman Sam mengaku sudah mengunjungi 13 Provinsi, termasuk Jambi. Ia pernah berencana untuk bersama-sama Ibunda Jokowi mendongeng keliling dengan memakai sepeda di Solo, namun hal itu urung dilakukan mengingat kesehatan Ibunda Jokowi yang kurang baik. Padahal kegiatan itu juga mendapat dukungan dari Universitas Cornell, New York, Amerika Serikat.

Paman Sam berkata ide dongeng keliling nusantara tercetus saat ia hendak mengunjungi Taman Nasional Way Kambas, Lampung. Ia mendapat ide itu bersama-sama dengan drh Marcelus Adi, seorang peneliti badak senior. Setelah mendapat saran dari pendongeng kawakan, Kak Kusumo, kotak wayang memakai nuansa merah putih. Sesuai dengan namanya, dongeng keliling nusantara.

Misi yang terakhir adalah mengajak warga dan Pemda DKI untuk ikut melestarikan binatang langka di Indonesia, dalam bentuk apapun. "Kalau dongeng bersama Ibunda Jokowi gagal semoga kali ini bisa mengajak para pejabat tinggi Jakarta untuk mengenalkan keberadaan binatang langka pada anak-anak yang ada di Jakarta," ujar Paman Sam kepada detail, Senin (19/3/2018).

Sebagai langkah awal, kali ini Paman Sam berusaha membangun kerjasama dengan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang ada di Jakarta. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Timur sangat mendukung kegiatan tersebut. Mereka memfasilitasi Paman Sam untuk bertemu dengan Kepala badan Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur yang memang menangani program dongeng di perpustakaan-perpustakaan yang ada di RPTRA se-Jakarta Timur.

Ke depannya, dongeng keliling nusantara tidak hanya menyasar RPTRA yang ada, namun akan menyasar SD-SD yang ada di DKI Jakarta.

Paman Sam berharap mendapat dukungan penuh dari Gubernur maupun Wakil Gubernur DKI Jakarta, sehingga kegiatan tersebut bisa terselenggara dan dapat memenuhi misinya dengan baik. "Tanpa dukungan pemerintah daerah, akan cukup sulit untuk mewujudkan missi lingkungan yang mulia tersebut," kata Paman Sam.

Saat ini, aksi jalan kaki mendongeng keliling nusantara oleh Paman Sam sudah mengunjungi dua RPTRA di wilayah Jakarta Timur yaitu RPTRA Sangkuriang dan RPTRA Pulo Gebang Permai. (DE 01)

Tampilkan Komentar