Setelah Kepala Sekolah Dilengserkan, Dua Guru Malah Dimutasi

Oleh:   Media Detail Media Detail   |   Januari 25, 2018
SK salah satu guru SMA Negeri 16 Tebo yang dimutasi  ke sekolah lain. foto: istimewa
DETAIL.ID, Tebo – Setelah didemo guru dan para siswanya yang berujung Kepala Sekolah SMA Negeri 16 Tebo dilengserkan. Kini justru dua orang gurunya justru dimutasi oleh pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi tanpa alasan yang jelas.

Dua guru yang mutasi itu adalah Yulianti dan Maswendi – guru favorit siswa. Mutasi dua orang guru ini bikin kaget sejumlah siswa SMA Negeri 16. "Kami kecewa atas sikap Disdik Jambi yang memindahkan dua guru kami. Yang kami minta cuma kepala sekolah diganti. Ini kok malah guru yang ikut dimutasi,” ujar Intaniati Dwi Novita, Ketua OSIS SMA Negeri 16.

Menurutnya, mutasi itu dinilai tidak adil karena guru mereka selama ini mengajar dengan baik, untuk itu, para siswa berharap agar SK mutasi dibatalkan oleh Disdik Provinsi Jambi. Jika tidak, mereka akan menggelar unjuk rasa atau mogok belajar.

"Kalau tuntutan kami ini tidak diindahkan, dalam waktu dekat ini kami bakal menemui Gubernur Jambi Zumi Zola," ancamnya.

Intan juga mengatakan jika mutasi itu tidak dibatalkan, para siswa akan terus mogok belajar atau pindah sekolah.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun, Yulianti Spd dimutasi ke SMAN 1 Tebo dan Maswendi dimutasi ke SMAN 14 Tebo.

Anehnya, gaji dan laporan kegiatan guru tersebut tetap di SMAN 16 Tebo.

Sebelumnya, dalam beberapa pekan terakhir siswa di sekolah ini juga melakukan mogok belajar menuntut Kepala Sekolah mereka untuk diganti, dengan alasan diduga tidak transparan mengelola keuangan di sekolah.


Saat itu, Dinas Pendidikan Provinsi Jambi langsung merespon tuntutan siswa dengan mengganti kepala sekolah SMAN 16 dengan wakil kepala sekolah setempat sebagai pelaksana tugas. (DE 01)

Tampilkan Komentar