Janji PT PAL Bikin Jalan Sendiri Masih Sebatas Janji

Oleh:   Media Detail Media Detail   |   Januari 18, 2018
BLOKIR: Warga yang marah akibat aktivitas PT PAL merusak jalan akhirnya sampán tiga kali memblokir jalan. foto: dinamikajambi.com
DETAIL.ID, Muaro Jambi – Warga empat desa di Kabupaten Muaro Jambi kembali menagih janji kepada PT Prosympac Agro Lestari (PAL) – pabrik kelapa sawit -- untuk membuat jalan sendiri karena jalan warga semakin rusak.

Empat desa itu adalah  Desa Sido Mukti, Petaling Jaya, Trimulya Jaya dan Mingkung Jaya – semuanya berada di Kecamatan Sungai Gelam. “Sampai sekarang, minggu ketiga Januari 2018 ini, angkutan sawit PT PAL masih melintasi pemukiman warga,” kata Edward (34), salah satu warga Desa Mingkung Jaya kepada detail, Kamis (18/1/2018) malam.

Padahal, kata Edward, PT PAL telah berkomitmen tidak akan melintasi lagi jalan desa. Mereka bersedia membuat jalan sendiri. Namun kenyataannya sampai sekarang, PT PAL belum merealisasikan janjinya tersebut.

Sejak 5 Oktober 2017, setidaknya warga sampai tiga kali memblokir jalan, dengan menaruh kayu dan tanaman di tengah jalan, sebagai bentuk protes mereka terhadap PT PAL. Ketika itu, musim penghujan membuat sepanjang jalan semakin rusak dan becek. Kondisi itu diperparah dengan aktivitas pengangkutan PT PAL. Sekarang, memasuki musim kemarau, jalan menjadi berdebu. PT PAL sempat berjanji akan rutin menyirami jalan.

“Mana janji PT PAL bangun jalan sendiri? Masih lewat jalan perkampungan. Apa tunggu jalan remuk? Janjinya siram jalan mana?” keluh Edward.

Menjawab hal ini, Engki dari PT PAL mengatakan, realisasi jalan menunggu jawaban dari Kepala Desa Sido Mukti.

“Untuk jalan yang dilalui perusahaan PT PAL, tinggal menunggu jawaban Kepala Desa,” kata Engki kepada awak media, Kamis (18/01/18).

Engki mengaku bahwa pihak perusahaan telah membahas dengan Kades Sido Mukti, tinggal menunggu jawaban saja. Setelah musyawarah pihak desa dan masyarakat tentang jalan desa yang digunakan juga oleh perusahaan,” katanya.

Dari tempat yang berbeda, Kepala Desa Sido Mukti, Rochimin membenarkan adanya musyawarah antara Pemerintah Desa Sido Mukti dan PT PAL. Namun, dirinya mengisyaratkan bahwa akan melakukan musyawarah terlebih dahulu dengan perangkat desa dan masyarakat.

“Musyawarah dengan masyarakat belum ditentukan kapan. Dalam waktu dekat saya akan konfirmasi dulu dengan Kadus 1, dan 2,” kata Rochimin. (DE 01/DE 02)


Tampilkan Komentar