Mogok Kerja Berakhir, Ini Hasil Perundingan Buruh dengan PT PSUT

Oleh:   Media Detail Media Detail   |   Desember 28, 2017
DETAIL.ID – Mogok kerja massal ribuan buruh PT Putra Sumber Utama Timber (PSUT) yang direncanakan dua hari: sampai besok, akhirnya berakhir Kamis (28/12/2018) sore ini secara damai.


“Kami baru saja selesai pertemuan dengan pihak perusahaan. Kita sepakat mogok kerja berakhir sore ini. Besok, buruh kembali bekerja seperti biasa,” kata Hendra Ambarita, perwakilan dari Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Jambi kepada detail.id, Kamis (28/12/2017) sore.

Menurut Ambarita, hasil pertemuan tadi dituangkan secara tertulis dan ditandatangani para pihak terkait. Poin kesepakatan itu antara lain pertama, karyawan PT PSUT yang tidak ingin melanjutkan sebagai karyawan PT SGS akan dibicarakan dengan PT SGS Jakarta. Hasil akhirnya akan diterima paling lambat pada 15 Januari 2018 mendatang.

Kedua, apabila sampai 15 Januari 2018 tidak tercapai kesepakatan maka mediator Disnakertrans Kabupaten Muaro Jambi akan mengeluarkan anjuran.

Ketiga, permasalahan status karyawan borongan atau kontrak akan ditindaklanjuti oleh pegawai pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Jambi.

“Artinya, perundingan hari ini akan dilanjutkan lagi dengan pertemuan-pertemuan lagi agar kedua belah baik buruh maupun pihak perusahaan menemukan solusi yang terbaik,” ujarnya. (DE 02)

Tampilkan Komentar